RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NU 09 ROWOSARI
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas / Semester : VIII / 1
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi jenis karya seni rupa Nusantara
Indikator :
1.1.1. Mengidentifikasi beragam jenis karya seni rupa terapan Nusantara.
1.1.2. Mengidentifikasi bentuk dan teknik pembuatan beragam karya seni rupa terapan Nusantara
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit ( 2 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1. Mengidentifikasi ragam jenis karya seni rupa terapan Nusantara, sedikitnya 3 (tiga) daerah sesuai pilihannya
2. Mengidentifikasi bentuk, teknik pembuatan karya seni rupa terapan Nusantara
yang dipilih.
B. Materi Pokok/ pembelajaran
· Jenis, bentuk dan teknik pembuatan karya seni rupa terapan Nusantara
· Fungsi dan makna karya seni rupa terapan Nusantara
C. Metode Pembelajaran
Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning
D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1
a. Pendahuluan :
· Penayangan gambar atau media lain tentang ragam karya seni terapan
Nusantara
· Tanya jawab tentang keragaman karya seni rupa terapan Nusantara yang telah ditayangkan
· Pembagian kelompok dan memilih daerah penghasil karya yang akan didiskusikan
b. Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, Guru
· Diskusi kelompok tentang beragam jenis karya seni terapan Nusantara.
2). Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, Guru
· Menuliskan hasil diskusi yang meliputi jenis, bentuk dan teknik pembuatan karya seni rupa terapan Nusantara.
3). Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
a. Memberikan penguatan atas jawaban peserta didik
b. Menjawab pertanyaan peserta didik yang mengalami kesulitan
c. Kegiatan Penutup
- Siswa menyampaikan laporan tertulis hasil diskusi
_ Guru memberi tugas mencari data tentang fungsi dan makna dari karya seni rupa terapan Nusantara
E . Sumber belajar
- Media cetak
- Media elektronik
- Karya siswa
F. Penilaian
Teknik : Tes tulis
Bentuk Instrumen : Tes uraian
Contoh Instrumen :
· Berikan sedikitnya 10 contoh karya seni rupa terapan Nusantara yang berasal dari 3 daerah
· Berikan penjelasan singkat dari masing- masing contoh tentang bentuk, teknik pembuatannya
· Lembar Penilaian :
No | Aspek yang dinilai | Nilai | Jml | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | | |||
1 | Pemahaman materi | | | | | | | |
2 | Kwalitas materi | | | | | | ||
3 | Kwalitas presentasi | | | | | | ||
4 | Kerja sama kelompok | | | | | | ||
5 | Kwalitas tanggapan | | | | | | | |
| Score maksimal | 25 | ||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar