HASIL ANALISIS SKL-SI MATA PELAJARAN IPA-FISIKA
Tahun Pelajaran 2011-2012
No. Urut | SKL | KD | Indikator | Materi | Contoh Indikator Soal | No. Soal |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) |
1 | Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | 1.1 Mendeskripsi-kan besaran pokok dan besaran turu-nan beserta satuannya. | Membaca alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari | · Besaran dan Satuan · Pengukuran | Disajikan gambar alat ukur (mistar, neraca, stopwatch, gelas ukur, termometer), siswa dapat membaca hasil pengukuran yang ditunjukkan gambar tersebut | 1 |
2 | Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. | | Menentukan besaran yang terkait dengan massa jenis | Massa Jenis | Disajikan data massa dan volume benda (dalam gelas ukur atau gambar balok), siswa dapat menentukan massa jenis benda tersebut | 2 |
2.1 Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat | Menjelaskan pengaruh suhu pada pemuaian dalam kehidupan sehari-hari | | Disajikan peristiwa kehidupan sehari-hari, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu pada pemuaian dalam peristiwa tersebut | 3 | ||
| Menentukan salah satu besaran yang terkait dengan kalor dan pengaruhnya pada zat | 4. Disajikan data (Q, m, c, Dt) atau (Q, m, L), siswa dapat menentukan atau membandingkan salah satu variabel tersebut 5.Disajikan grafik suhu dan kalor, siswa dapat menentukan bagian grafik yang menunjukkan perubahan suhu atau perubahan wujud serta menentukan kalor yang diperlukan | | |||
3 | Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | 5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya. 5.2 Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. | Mengidentifikasi jenis gerak lurus dalam peristiwa kehidupan sehari-hari | · Gerak (GLB dan GLBB) | 6. Disajikan peristiwa gerak dalam kehidupan sehari-hari (GLB dan GLBB), siswa dapat menentukan jenis gerak pada peristiwa tersebut | |
Menentukan besaran yang terkait dengan tekanan pada suatu zat | · Tekanan | 7.Disajikan benda dengan berbagai luas permukaan, siswa dapat menentukan atau membandingkan tekanan yang dihasilkan Disajikan data dan atau gambar fluida dalam suatu wadah, siswa dapat menentukan atau membandingkan tekanan pada posisi tertentu | | |||
| Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari | · Usaha · Energi dan Perubahannya | 8.Disajikan suatu alat (dalam kehidupan sehari-hari), siswa dapat menentukan perubahan energi pada alat tersebut | | ||
| Menentukan besaran fisika pada usaha atau energi | 9.Disajikan berbagai data dan atau gambar berbagai gaya dan perpindahan, siswa dapat menentukan atau membandingkan usahanya | | |||
| Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | · Pesawat Sederhana | 10. Disajikan berbagai alat dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat mengidentifikasi jenis pesawat sederhana yang digunakan | | ||
4 | Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. | 6.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya 6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari 6.3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa 6.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran atau gelombang | · Getaran · Gelombang | 11. Disajikan data dan atau gambar (bandul atau pegas) yang bergetar, siswa dapat menentukan besaran-besaran getaran (T, f)-nya 12. Disajikan data dan atau gambar gelombang, siswa dapat menentukan besaran-besaran gelombang (l, v) tersebut | |
| Menjelaskan ciri atau sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya. | · Bunyi | 13. Disajikan beberapa pernyataan tentang pemanfaatan, sifat, atau ciri bunyi, siswa dapat mengidentifikasi pernyataan yang benar 14.Disajikan gambar atau data rambatan atau pemantulan bunyi, siswa dapat menentukan jarak atau cepat rambat bunyi tersebut | | ||
| Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin | · Optik geometri | 15. Disajikan data dan atau gambar (cermin atau lensa), siswa dapat menentukan salah satu besaran (So, Si, f, h, h’, M, R) | | ||
| Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari | · Alat Optik | 16. Disajikan data dan atau gambar cacat mata, siswa dapat menentukan lensa (jenis, kekuatan) untuk menolong penderita cacat mata tersebut | | ||
5 | Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | 3.1 Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. 3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 3.3 Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 3.4 Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. | Menjelaskan fenomena listrik statis | · Listrik Statis | 17. Disajikan peristiwa pemuatan listrik statis, siswa dapat menentukan jenis muatan yang dihasilkan beserta interaksinya | |
| Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik | · Listrik Dinamis | 18. Disajikan data dan atau gambar rangkaian listrik (seri, paralel, campuran), siswa dapat menentukan salah satu besaran (V, I, Rpengganti) | | ||
| Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari | · Energi dan Daya Listrik | 19. Disajikan beberapa alat listrik beserta spesifikasinya, siswa dapat menentukan biaya listrik yang harus dibayar | | ||
| Menjelaskan cara pembuatan magnet dan atau menentukan kutub-kutub yang dihasilkan | · Kemagnetan | 20 Disajikan peristiwa pembuatan magnet, siswa dapat menentukan kutub magnet (jenis dan sifat) yang dihasilkan beserta interaksinya | | ||
| | | Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi | · Induksi Elektromagnet | 21. Disajikan beberapa faktor yang mempengaruhi GGL induksi, siswa dapat menjelaskan pengaruh faktor-faktor tersebut | |
6. | Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya. | 5.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet. | Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya | · Sistem Tatasurya | 22. Disajikan karakteristik benda langit, siswa dapat menjelaskan karakteristik benda langit tersebut | |
| Menjelaskan fenomena yang terjadi akibat perubahan suhu di permukaan bumi, peredaran bumi, atau peredaran bulan | · Pemanasan Global · Rotasi dan Revolusi Bumi dan Bulan\ | 23. Disajikan fenomena pemanasan global, siswa dapat menjelaskan penyebab atau dampaknya 24.Disajikan gambar peredaran bumi dan bulan, siswa dapat menjelaskan akibat terjadinya peredaran tersebut | | ||
| | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar