Jumat, 14 Januari 2011

RPP TIK Kls 9 EEK


PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK)
Satuan Pendidikan      : SMP

Kelas/Semester           : IX /1


Nama Guru                  : Drs. Rudy Pujihanto                     
Sekolah                         : SMP NU 09 Rowosari Kendal


           
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah                         
:
SMP NU 09 Rowosari
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1.  Memahami dasar-dasar penggunaan internet dan intranet.
Kompetensi Dasar
:
1.1. Menjelaskan pengertian dasar internet dan intranet.
Alokasi Waktu
:
1 x 40 menit

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1.    Menjelaskan pengertian internet dan Intranet
2.    Menyebutkan kegunaan internet dan Intranet
3.    Menjelaskan perbedaan internet dan intranet

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     MATERI PEMBELAJARAN
  • Pengertian internet dan Intranet
  • Kegunaan internet dan Intranet
  • Perbedaan internet dan intranet

C.     METODE PEMBELAJARAN
·         Studi Pustaka, Diskusi, ceramah dan tanya jawab
·         Pendekatan Model CTL

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan tentang kegunaan komputer
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang internet/intranet.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mencari informasi dari media informasi lain tentang internet/intranet.
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang internet/intranet.

E.     SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Buku paket dan media informasi lain.

F.      PENILAIAN 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menjelaskan pengertian:
      -intranet
      -internet

Tes tertulis


Uraian


Jelaskan pengertian internet!

Jelaskan pengertian intranet!



Mengetahui,
Kepala SMP NU 09 Rowosari



Drs. H. Slamet Riyadi
--

Rowosari, Juli 2010
Guru Mapel PKN



Drs. Rudy Pujihanto
--
                                               




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah                         
:
SMP NU 09 Rowosari
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1.  Memahami dasar-dasar penggunaan 
     internet/intranet.
Kompetensi Dasar
:
1.2. Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di internet/intranet.
Alokasi Waktu
:
1 x 40 menit


A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
  • Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet
  • Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     MATERI PEMBELAJARAN
  • Dasar-dasar sistem jaringan internet
  • Dasar-dasar sistem jaringan intranet

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan tentang pengertian internet/intranet.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan intranet.

E.     SUMBER PEMBELAJARAN
Perpustakaan, buku paket dan media informasi lain.

F.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menjelaskan  dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet

Ø  Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet
Tes tertulis




Tes tertulis
Uraian




Uraian
Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet


Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet



Mengetahui,
Kepala SMP NU 09 Rowosari



Drs. H. Slamet Riyadi
--

Rowosari, Juli 2010
Guru Mapel PKN



Drs. Rudy Pujihanto
--

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                         
:
SMP NU 09 Rowosari
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1 .  Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet.
Kompetensi Dasar
:
1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses internet.
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit


1           TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :
  • Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet
  • Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

2        MATERI PEMBELAJARAN
  • Ukuran kecepatan akses internet

3        METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill

4        LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama (2 x 40 menit) :
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang ukuran kecepatan akses internet.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menarik kesimpulan.
F  Tugas kliping tentang ukuran kecepatan akses internet.

Pertemuan kedua (2 x 40 menit) :
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik menelaah hasil informasi tentang ukuran kecepatan akses internet dari kliping yang telah dibuat.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

5        SUMBER PEMBELAJARAN
Buku paket dan media informasi lain.

6        PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet



Ø  Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan


Tes tertulis




Tes praktik (kinerja)



Uraian/
pilihan ganda


Tes indentifikasi


Jelaskan ukuran kecepatan akses internet!



Indetifikasikan ukuran kecepatan akses internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia!



Mengetahui,
Kepala SMP NU 09 Rowosari



Drs. H. Slamet Riyadi
--

Rowosari, Juli 2010
Guru Mapel PKN



Drs. Rudy Pujihanto
--
                                               

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Nama Sekolah                         
:
SMP NU 09 Rowosari
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
IX (sembilan)/ 1 (Satu)
Standar Kompetensi
:
1.      Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi Dasar
:
1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses  internet/intranet
Alokasi Waktu
:
 4 x 40 menit

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :          
  • Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
  • Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
  • Mengidentifikasi fungsi perangkat keras yang digunakan dalam internet

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  MATERI PEMBELAJARAN
Akses internet
·         Persyaratan perangkat  keras internet
·         Persyaratan perangkat  keras intranet

C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
o   Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk internet
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.                  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet 
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Secara kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk perangkat keras internet
F  Mengerjakan lembar kerja

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan kedua (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk intranet
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet 
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Secara kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk perangkat keras intranet
F  Mengerjakan lembar kerja

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan ketiga dan empat  ( 2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk internet
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet 
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Secara kelompok menelaah melalui studi pustaka untuk mengetahui fungsi dari perangkat keras internet
F  Mengerjakan lembar kerja

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mempresentasikan hasil kerja kelompok
F  Menarik kesimpulan

E. SUMBER PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.) diperpustakaan.

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
Ø  Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet

Ø  Mengidentifikasi fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet
Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)

Tes identifikasi

Tes identifikasi


Tes identifikasi
Tunjukkanlah perangkat keras yang digunakan internet/ intranet!

Tunjukanlah peralatan yang digunakan internet dan sebutkan fungsinya!

Tunjukkan peralatan yang digunakan internet!


Mengetahui,
Kepala SMP NU 09 Rowosari



Drs. H. Slamet Riyadi
--

Rowosari, Juli 2010
Guru Mapel PKN



Drs. Rudy Pujihanto
--

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah             
:
SMP NU 09 Rowosari
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
2.      Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi Dasar
:
1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/Intranet
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
  • Menjelaskan cara-cara sambungan internet
  • Menunjukkan cara penyambungan internet/intranet
  • Memilih fungsi layanan yang paling efektif di internet/intranet
  • Menggunakan sambungan internet melalui Dial-up(Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2Mbps) atau Satelit)

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. MATERI PEMBELAJARAN
Akses internet
·         Perangkat  untuk mengakses internet
·         Menghubungkan internet dengan menggunakan Dial-up

C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara menghubungkan internet
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengamati tata cara penyambungan internet 
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mencari  informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang penyambungan internet
F  Menentukan sambungan internet melalui saluran komunikasi paling sesuai (efektif)
F  Mengerjakan lembar kerja

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan kedua ( 2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara menghubungkan internet
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengamati tata cara penyambungan internet 
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mengamati perbedaan tata cara penyambungan internet
F  Menentukan sambungan internet melalui saluran komunikasi paling sesuai (efektif)
F  Mengerjakan lembar kerja

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan ketiga dan keempat  ( 2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara menghubungkan internet
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik melakukan sambungan internet menggunakan Dial-Up
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E.      SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah,  Buletin Internet, dsb.)

F.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menjelaskan beberapa cara sambungan internet/intranet

Ø  Melakukan sambungan  Internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit).
Tes tertulis


Tes praktik (kinerja)


Uraian


Tes uji kerja
Jelaskan tata cara penyambungan internet menggunakan dial-up

Lakukan penyambungan internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit)!

Lembar Observasi
Instrumen
Skala Kuantitatif
Nilai 2 [(Jumlah/8)*10]
4
3
2
1
1
Menunjukkan cara menghubungkan internet menggunakan Dial-up, ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit





2
Tunjukanlah perbedaan saluran komunikasi menggunakan Dial-up, ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit





Jumlah



Rubrik Uji Prosedur

Instrumen
Skala Kuantitatif
Nilai 3
[(Jumlah/4)* 10]
4
3
2
1
1
Menghubungkan internet menggunakan Dial-up






Jumlah


                       
Keterangan :                                                   

Penilaian

Nilai KD =    ( Nilai  1 + Nilai 2 + Nilai 3)/2

           

                                   
Mengetahui,
Kepala SMP NU 09 Rowosari



Drs. H. Slamet Riyadi
--

Rowosari, Juli 2010
Guru Mapel PKN



Drs. Rudy Pujihanto
--







PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK)
Satuan Pendidikan      : SMP

Kelas/Semester           : IX /2


Nama Guru                  : Drs. Rudy Pujihanto                     
Sekolah                         : SMP NU 09 Rowosari Kendal

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah             
:
SMP NU 09 Rowosari
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
Kompetensi Dasar
:
2.1. Mendemontrasikan akses internet  sesuai dengan prosedur
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit


A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :
  • Menggunakan  perangkat lunak  untuk mengakses internet
  • Menuliskan nama domain internet
  • Membuka situs
  • Menunjukkan  situs yan menyediakan search engine internet
  • Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     MATERI PEMBELAJARAN

Akses internet
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
Penulisan nama domain
Search engine

C.     METODE PEMBELAJARAN

Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menayangkan beberapa contoh tentang tentang penggunaan internet
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengamati perangkat lunak  yang terinstal dikomputer yang digunakan mengakses internet 
F  Mencari  informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang Perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Membuka perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
F  Melakukan pengetikan domain pada adreess bar
F  Mengerjakan lembar kerja

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
F  Merapikan kembali ruang lab komputer

Pertemuan kedua ( 2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menayangkan beberapa contoh tentang tentang penggunaan internet
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengamati perangkat lunak  yang terinstal dikomputer yang digunakan mengakses internet 
F  Mencari  informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang Perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
F  Merapikan kembali ruang lab komputer

Pertemuan ketiga (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi (dideskripsikan)
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mencari  informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang situs yang menyediakan search engine
F  Membuka situs yang menyediakan search engine
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Melakukan pelacakan web dan informasi melalui fasilitas search engine
F  Mengerjakan lembar kerja

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran akses internet

Pertemuan keempat (2 x 40 menit)
Tes unjuk kerja perorangan
           

E.     SUMBER PEMBELAJARAN

Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.)

F.     PENILAIAN

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet

Ø  Mengidentifikasi nama domain internet


Ø  Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine
Observasi



Tes
Praktik (kinerja)

Tes
Praktik (kinerja)
Lembar observasi


Tes uji kerja


Tes uji kerja
Tunjukkanlah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet!

Akseslah situs komersial, pemerintah, organisasi, dan pendidikan yang ada di internet!

Carilah situs tentang  penjualan komputer!



Lembar Observasi
Instrumen
Skala Kuantitatif
Nilai 1 [(Jumlah/8)*10]
4
3
2
1
1
Menunjukkan perangkat lunak untuk mengakses internet





2
Menunjukkan situs yang meyediakan fasilitas search engine





Jumlah



Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
Skala Kuantitatif
Nilai 2
[(Jumlah/16)* 10]
4
3
2
1
1
Membuka perangkat lunak untuk mengakses internet





2
Penulisan domain




3
Membuka situs




4
Mencari situs/ informasi





Jumlah





Mengetahui,
Kepala SMP NU 09 Rowosari



Drs. H. Slamet Riyadi
--

Rowosari, Juli 2010
Guru Mapel PKN



Drs. Rudy Pujihanto
--


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah                         
:
SMP NU 09 Rowosari
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
2.    Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
Kompetensi Dasar
:
2.2.Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
  • Mengidentifikasi layanan yang ada di internet
  • Mengidentifikasi manfaat layanan internet
  • Menambahkan alamat website ke menu Favorites
  • Menentukan jenis layanan informasi yang sesuai dengan kebutuhan

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Akses internet
·         Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
·         Contoh content beberapa situs dengan layanan yang disediakan
·         Search engine
·         Sistematika pengelompokkan layanan website

C.     METODE PEMBELAJARAN

1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Review materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik melakukan koneksi Internet
F  Mencari jenis jenis layanan yang disediakan
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Mencari  informasi tertentu (disediakan oleh guru)
F  Mengelompokkan layanan informasi yang ditemukan berikut domain website nya

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan kebermanfaatannya
F  Mengembalikan ke kondisi awal.

Pertemuan kedua  (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Review materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengidentifikasi manfaat layanan internet
F  Menemukan manfaat dari layanan internet
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan kebermanfaatannya
F  Mengembalikan ke kondisi awal.

Pertemuan ketiga (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Review materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik melakukan koneksi Internet
F  Peserta didik Menambahkan alamat website ke menu Favorites
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mencari jenis-jenis layanan yang disediakan
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan kebermanfaatannya
F  Mengembalikan ke kondisi awal.

Pertemuan keempat ( 2 x 40 menit)
2.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menayangkan content beberapa situs
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

3.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik melakukan koneksi Internet
F  Peserta didik Studi pustaka tentang layanan yang ada di internet
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Mencari layanan yang disediakan website tertentu (ex.Plasa.com)
F  Mencari  informasi tertentu (disediakan oleh guru)
F  Mengerjakan lembar kerja


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan kebermanfaatannya
           
E.     SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.)

F.      PENILAIAN 

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi layanan yang ada di internet

Ø  Mengidentifikasi manfaat layanan internet

Observasi


Tes tertulis

Lembar observasi

Uraian

Tunjukkanlah  layanan yang terdapat di internet!

Jelaskan manfaat layanan internet!


Lembar Observasi
Instrumen
Skala Kuantitatif*)
Nilai 1 [(Jumlah/16)*10]
4
3
2
1
1
Menyebutkan layanan yang terdapat di internet





2
Menjelaskan manfaat layanan internet




3
Mengelompokkan jenis layanan yang ditemukan





4
Memberikan contoh-contoh beberapa situs beserta layanan yang disediakan






Jumlah



Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
Skala Kuantitatif*)
Nilai 2
[(Jumlah/16)* 10]
4
3
2
1
1
Bukalah internet dengan perangkat lunak yang telah terinstal di komputer!





2
Temukan beberapa situs komersial, pemerintah, pendidikan dll




3
Membuka situs yang telah ditemukan




4
Menemukan beberapa layanan internet yang disediakan masing-masing situs





Jumlah



*) Skor kuantitatif disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam melaksanakan 
    kegiatan yang diperintahkan, dengan rentang skor 1 – 4.



Mengetahui,
Kepala SMP NU 09 Rowosari



Drs. H. Slamet Riyadi
--

Rowosari, Juli 2010
Guru Mapel PKN



Drs. Rudy Pujihanto
--

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Nama Sekolah             
:
SMP NU 09 Rowosari
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
Kompetensi Dasar
:
2.3. Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi    yang bermanfaat
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :
  • Melacak informasi dengan mengakses internet.
  • Mengidentifikasi langkah langkah download
  • Melakukan pengambilan informasi tertentu.
  • Melakukan pengolahan informasi dengan program yang sesuai

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     MATERI PEMBELAJARAN

·         Mengakses internet
·         Melakukan pencarian informasi tertentu dengan search engine
·         Menampilkan informasi yang diinginkan (gambar, tulisan, suara, movie)
·         Mendownload informasi
·         Mengolah informasi sesuai dengan program aplikasi
·         Menyajikan informasi agar menarik dalam bentuk proyek

C.     METODE PEMBELAJARAN

Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
Pendekatan Model CTL dan life skill

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama dan kedua ( 4 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi
·         Menunjukkan beberapa contoh hasil pengolahan download berikut aplikasi yang sesuai (gambar, suara, tulisan, movie, dll)
2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik dapat  Menghubungkan ke internet
F  Peserta didik dapat  Menggunakan search engine untuk mencari informasi
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Men-down load- informasi yang di inginkan
F  Mengelompokkan hasi informasi yang di download

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menunjukkan contoh-contoh hasil informasi yang di download siswa
F  Merefleksi hasil kerja siswa sementara
F  Mengembalikan ke kondisi awal.

Pertemuan ketiga (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Review materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik dapat  Melakukan proses download dengan mengambil beberapa informasi yang diperlukan
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Memberikan apresiasi terhadap hasil karya siswa

Pertemuan keempat (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Review materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik dapat  Mengolah informasi yang di download dengan program aplikasi yang sesuai
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Menyajikan hasil pengolahan informasi dalam bentuk presentasi
F  Mereview hasil kerja antar siswa

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Memberikan apresiasi terhadap hasil karya siswa

E.      SUMBER PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, CD-Blank, CD Burner, media cetak (buku, majalah dsb.)

F.      PENILAIAN 

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Men-download informasi



Ø  Mengelolah informasi menggunakan program aplikasi
Penugasan individual atau kelompok



Proyek





Carilah beberapa informasi yang terdapat di internet, download informasinya dan olah informasi tersebut dengan menggunakan program aplikasi yang sesuai

Lembar Observasi
Instrumen
Skala Kuantitatif*)
Nilai 1 [(Jumlah/12)*10]
4
3
2
1
1
Menemukan jenis-jenis informasi di internet





2
Mendownload informasi, Mengelompokkan




3
Pengolahan informasi dengan aplikasi yang sesuai






Jumlah



Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
Skala Kuantitatif*)
Nilai 2
[(Jumlah/20)* 10]
4
3
2
1
1
Membuka internet dengan perangkat lunak terinstall





2
Memukan beberapa informasi menarik




3
Mendownload info yang diinginkan dan simpan




4
Mengolah dengan aplikasi yang sesuai




5
Mempresentasi






Jumlah



*) Skor kuantitatif disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam melaksanakan 
    kegiatan yang diperintahkan, dengan rentang skor 1 – 4.

                                                                       
Mengetahui,
Kepala SMP NU 09 Rowosari



Drs. H. Slamet Riyadi
--

Rowosari, Juli 2010
Guru Mapel PKN



Drs. Rudy Pujihanto
--


1 komentar:

  1. Matur nuwun contoh RPPnya dr kemarin saya cari baru ketemu salam sukses, ada contoh untuk kelas 7 ?

    BalasHapus